Senin, 28 November 2011

kenapa sepakbola indonesia ga bisa maju??

1. Para petinggi organisasi sepak bola Indonesia hanya menjadikan organisasi sebagai kendaraan politik
Coba kita perhatikan, mulai dari daerah sampai pusat, ada berapa pemimpin umum klub yang orang profesional (bukan orang partai / pemda) ? Ini menjadi salah satu penyebab gagalnya sistem pembinaan sepak bola kita karena mereka hanya mementingkan kemenangan – bagaimanapun caranya, bisa cara bersih atau cara kotor – dan mencari popularitas pribadi semata.

2. Gaji pemain di klub terlalu mahal
Coba kita tengok lagi kala jaman dulu timnas Indonesia mampu menyaingi permainan brasil dan negara – negara eropa, mereka pemain timnas rata – rata adalah pemain amatir sehingga ketika membela timnas rasa nasionalismenyalah yang dikedepankan.
Kalo sekarang, pemain lebih suka membela klubnya dari pada membela timnas.

3. Regenerasi tidak berjalan
Sudah berapa tahun kita masih bergantung pada Bambang Pamungkas, Budi Sudarsono dan lain – lainnya ? Sampai kapan ?,(ini mungkin sekarang ada beberapa pengganti seperti syamsir alam dari U-19,tapi belum keseluruhan)

4. Jam terbang sangat minim
Berapa kali timnas Indonesia bisa bertanding melawan tim tim tangguh dari luar negeri ? Sepertinya bisa dihitung dengan jari.(apa karena biaya ujicoba yang mahal atau apa ?)

5. Mental pemain
Kalo soal teknik, mungkin kita tidak jauh – jauh amat dibandingkan Arab Saudi misalnya, ini terbukti dengan pemain yang sama kala melwan Oman kapan hari kita kalah padahal sebelumnya dengan tim yang gak jauh beda, kita mampu mengimbangi bahkan nyaris menang melawan Arab Saudi.(agan2 liat kan waktu lawan oman,skill kita ga kalah ama mereka,hanya mental kita yang kurang)

Mental ini mungkin disebabkan faktor 2 dan 4 di atas.

6. Wasit yang kurang baik
Pengadil lapangan yang bisa membuat sebuah permainan jadi fair dan enak ditonton, sangat ditentukan pula oleh kemampuan pengadil lapangan. Masih teringat jelas diingatan, Saat persipura Jayapura, WO kala bermain melawan Sriwijaya F.C. di final COPA INDONESIA beberapa tahun lalu?

7. Kurangnya Fasilitas Olahraga kita
Fasilitas olahraga kita emang masih kurang
masih kalah sama negara2 tetangga kita
contohnya seperti lapangan dan alat2 olahraga

8. Kurangnya Pembinaan Sejak Usia Dini
Seharusnya anak2 muda yang berbakat di perhatikan dan di fasilitasi
kalau perlu di masukan asrama sepakbola
agar mereka tidak terpengaruh oleh rokok dan minuman2 keras
di sekolahin oleh pemerintah....!!

sekian dari kami......
YNWA INDONESIA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar